Dua Artis Senior Akui Masih Salat Walau Sudah Pindah Agama, Bahkan Ada yang Umrah

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dua Artis Senior Akui Masih Salat Walau Sudah Pindah Agama, Bahkan Ada yang Umrah

Sunday, April 3, 2022 | April 03, 2022 WIB Last Updated 2022-04-04T04:51:04Z

 


 Pesohor senior Yati Surachman dan Nur Afni Octavia diketahui pindah agama dari Islam ke Kristen. Perjalanan spiritual mereka pun terbilang tak mudah.



Yati Surachman dan Nur Afni Octavia mengaku tetap menunaikan ibadah salat meski sudah pindah agama ke Kristen. Keduanya memiliki maksud lain ketika menjalani ibadah umat Islam tersebut.

Yati Surachman
Artis senior tersebut sudah pindah agama sejak usia 12 tahun. Saat itu, Yati merasa nyaman ketika melihat pohon Natal milik tetangganya.

Yati Surachman [Instagram/yatiesurachmanreal]
Yati Surachman [Instagram/yatiesurachmanreal]

"Keluarga saya dari lahir kalau istilahnya saya dari Hari Jumat. Lalu umur 12 tahun, saya sangat sederhana hanya melihat pohon Natal," kata Yeti Surachman dilansir Hops.id--jaringan Suara.com dari YouTube The Miracle of Life, Minggu (3/4/2022).

"Saya merasa pohon Natal itu indah, kebetulan di daerah rumah orang tua ada orang Nasrani jadi saya sering main ke sana saat Natal ternyata waktu itu," sambung dia.

Di rumah orangtuanya, Yati memiliki pohon belimbing yang tak kunjung berbuah. Dia pun akhirnya menghias pohon belimbing itu layaknya pohon natal.

"Kebetulan saya suka berprakarya, saya gantung-gantungin saya ikat-ikat sama benang. Suatu saat dia (ayah) pulang kerja bawa lampu, saya bilang 'kok dikasih lampu', (ayah) 'biar kayak tante sebelah'," ujarnya.Setelah dihias layaknya pohon Natal, pohon belimbing itu akhirnya berbuah. Yati pun merasa heran.

"Setelah dikasih lampu, pohon itu berbuah. Di sana saja bertanya 'jadi pohon natal itu ada apanya ya? Ini kan bukan pohon cemara, pohon belimbing, tapi kok berbuah, dan buahnya terus tidak pakai musim," ucap dia.

Hingga akhirnya Yati Surachman memutuskan untuk pergi ke gereja mempelajari ajaran agama Kristen bersama tetangganya. Yati kemudian dibaptis sejak usia 12 tahun.

Saat itu, Yati belum berani mengungkapkan kepada keluarganya kalau dia sudah pindah agama. Sehingga, artis pemeran Dilan 1990 tersebut tetap menunaikan ibadah salat agar tidak diketahui keluarganya.

"Selama saya belum berani menyatakan bahwa saya Kristen, saya melakukan sembahyang tapi cuman gerak (orangtua) 'kamu nih kalau salat cepat benar', 'ya cuman gerak'," pungkas Yati Surachman.

Nur Afni Octavia
Ia memilih untuk pindah agama Islam ke Kristen sejak tahun 1981. Meski sudah pindah agama, Afni tak menolak ketika diajak kakak-kakaknya untuk menunaikan ibadah umrah. Bahkan, Afni tak sungkan mengganti keterangan agama di KTP-nya menjadi Islam lagi.

Penyanyi senior Nur Afni Octavia. [Tangkapan layar Youtube J and Us]
Penyanyi senior Nur Afni Octavia. [Tangkapan layar Youtube J and Us]

"Terpenting saya bisa ke Mekah," ungkap Afni melansir YouTube G.A.A.T Ministry.

Sesampainya di Tanah Suci, Nur Afni Octavia menjalankan ibadah layaknya umat Muslim yang lain. Termasuk menunaikan ibadah salat di depan Kabah dan mengaku masih ingat bacaan Surat Alfatihah.

"Bismillahirrahmanirrahim. Belum sampai amiin, ada kalimat 'Ihdinas Shiraatal Mustaqiim', yang artinya Tunjukkan saya jalan yang lurus," ujarnya.

Tapi, Nur Afni Octavia mengaku tak kuat berdiri. Ia tak sanggup menopang tubuh hingga bersujud lantaran merasakan kehadiran Tuhan.

"Saya diberikan penglihatan ada Yesus di atas Kabah. Cahayanya luar biasa, Dia membuka tangannya lebar dengan jubah putih, cahaya memantul. Saya melihat paku itu bukan di (telapak) tangan tapi disini, (pergelangan)," pungkas Nur Afni Octavia.

×
Berita Terbaru Update