histats.com

 


Viral, Nakes Lakukan Tes Covid-19 Pada Ikan Hidup, Netizen: Jika Positif Akan Dikarantina?

 Tiongkok atau China memang memiliki aturan ketat terkait Covid-19. Salah satunya yang viral dan ramai beredar tenaga kesehatan (nakes) lakukan tes Covid-19 pada ikan di pasar Shanghai.



Fenomena ini terlihat melalui video viral yang memperlihatkan seorang nakes memasukan batangan kapas panjang ke hidung ikan hidup untuk tes Covid-19.

Hal ini membuat warga internet mempertanyakan apakah memang pemerintah China sejauh itu, untuk menangani wabah virus SARS Cov 2 penyebab sakit Covid-19.

"Tolong jangan dilepas," ujar nakes yang mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap itu kepada penjual ikan saat memeriksa ikan tersebut.

Ilustrasi ikan (Unsplash.com/@sebaspenalambarri)
Ilustrasi ikan (Unsplash.com/@sebaspenalambarri)

"Jangan khawatir, ikan itu tidak akan menggigitmu," jawab penjual ikan tersebut seraya tertawa, mengutip Insider, Kamis (2/4/2022)

Video itu dibagikan kembali oleh Stasiun Penyiaran Changsha dan telah ditonton lebih dari 2,3 juta kali saat siaran streaming. Bahkan video itu dibagikan di media sosial China, platform seperti Twitter, dan menimbulkan perdebatan.

"Dan apa yang akan mereka lakukan jika hasil tesnya positif? Apakah harus dikarantina," ujar seorang netizen.Banyak netizen menyayangkan aksi tersebut dan menganggapnya sebagai lelucon hingga pemborosan sumber daya.

Di China sendiri, aksi tes Covid-19 terhadap ikan dianggap bukan jadi hal yang aneh, mengingat pihak berwenang China berusaha semaksimal mungkin mendeteksi dan mencegah virus yang ada di udara bahkan yang ada di makanan beku sekalipun.

Pada 31 Maret 2022 kemarin, Shanghai menemukan 4.144 kasus Covid-19 tanpa gejala, dan 358 kasus Covid-19 bergejala.

More Articles

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Viral, Nakes Lakukan Tes Covid-19 Pada Ikan Hidup, Netizen: Jika Positif Akan Dikarantina?"

Post a Comment