Viral ODGJ Dipasung 10 Tahun di Tengah Sawah karena Suka Bakar Rumah Warga, Kondisinya Menyayat Hati

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Viral ODGJ Dipasung 10 Tahun di Tengah Sawah karena Suka Bakar Rumah Warga, Kondisinya Menyayat Hati

Wednesday, April 20, 2022 | April 20, 2022 WIB Last Updated 2022-04-20T22:45:33Z

 


 Sebuah video yang berisi kisah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) sedang dipasung di tengah sawah telah menjadi viral di media sosial.



ODGJ bernama Umar itu dipasung di tengah sawah di dalam sebuah gubuk yang terbuat dari bambu mirip kandang.

Momen memilukan yang merekam kondisi ODGJ itu dibagikan oleh akun Instagram @videokemanusiaan.

"Kita dapat laporan bahwa ada ODGJ yang dipasung sudah 10 tahun," tulis keterangan video dikutip Suara.com, Rabu (20/4/2022).

Dalam video, terlihat dengan jelas kondisi ODGJ bernama Umar yang begitu memprihatinkan di dalam sebuah gubuk mirip kandang.

Gubuk itu hanya disekat dengan bambu-bambu. Sementara itu, Umar hanya tiduran di atas bangku yang juga terbuat dari bambu.

Ia dipasung di tengah sawah karena kerap membakar rumah warga. Tak hanya itu, Umar juga membakar rumah orang tuanya."Pak Umar dipasung karena sering bakar rumah warga, bahkan rumah orang tuanya pun dibakar," lanjut keterangan video.

Viral ODGJ Dipasung 10 Tahun di Tengah Sawah karena Suka Bakar Rumah Warga (instagram/videokemanusiaan)
Viral ODGJ Dipasung 10 Tahun di Tengah Sawah karena Suka Bakar Rumah Warga (instagram/videokemanusiaan)

Bambu pembatas gubuknya itu hanya dipasang satu sisi sehingga sisi lain tampak terbuka dan tempat Umar tidur langsung menghadap ke arah sawah.

Bahkan, gubuk itu terbilang tidak layak lantaran tidak ada dinding yang bisa melindungi Umar dari panas dan hujan. Lantai gubuk itu juga hanya berupa tanah yang becek.

"Kalo hujan pasti kedinginan dan kalo panas pasti kepanasan karena cuma dibatasi pakai bambu," lanjutnya sembari merekam kondisi Umar.

Kaki Umar diikat menggunakan rantai besi yang diingatkan pada tiang bambu di gubuk tersebut sehingga ia hanya bisa buang air juga di dalam gubuk tersebut.

"Pak Umar dirante di pohon gabisa ngapa-ngapain pup dan pipis di situ," lanjutnya. Selama dipasung Umar hanya bisa makan dan minum, tidak melakukan aktivitas lain.

Para relawan yang memeriksa kondisi Umar saat itu langsung membebaskan Umar dari pasungannya dan memintanya untuk mandi.

Setelah bersih, Umar dibawa oleh para relawan untuk melaksanakan pengobatan agar sembuh dan tidak membakar rumah warga lagi.

Sontak, momen yang memperlihatkan ODGJ dipasung selama 10 tahun ini langsung menuai beragam tanggapan.

"Mana dinas sosial yang seharusnya ngurusin yang beginian juga?" tulis warganet.

"ODGJ juga manusia, masih hidup, tapi gak diperlakukan manusiawi, harusnya dilaporin ke dinas terkait dari awal, bayangkan 10 th dalam kondisi dipasung di luaran seperti itu," komentar warganet.

"10 tahun? itu masa gak ada dinsos yang tau? RT/RW warga sekitar? Wah pada ga punya hati," ujar warganet.

"Harusnya ksih selimut yang tebel, ksih bantal, kasih penutup biar gak kedinginan," imbuh yang lain.

×
Berita Terbaru Update