Aktris Senior Mieke Wijaya Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Aktris Senior Mieke Wijaya Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Tuesday, May 3, 2022 | May 03, 2022 WIB Last Updated 2022-05-03T21:56:50Z

 


 Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktris senior Mieke Wijaya dikabarkan meninggal dunia di usia yang ke-82 tahun pada Selasa (3/5/2022) malam.



Awalnya, kabar duka ini datang dari sebuah pesan singkat yang beredar di kalangan wartawan yang dikirim tak lama setelah berpulangnya sang artis kawakan.Dalam pesannya, hanya disampaikan informasi seputar tanggal dan jam meninggalnya sang aktris yang juga ibunda Nia Zulkarnaen.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiiun. Telah meninggal dunia Mama, Nenek, kami tercinta Hj. MIEKE WIDJAJA pada hari Selasa, 3 Mei 2022 jam 19.30 dlm usia 82 thn. Mohon diampuni segala kesalahan2 nya & semoga Amal ibadahnya diterima Allah SWT," begitu isi pengumuman yang beredar.

Menelusuri media sosial, pengamat film Yan Widjaya turut mengumumkan kabar duka ini kepada publik.

"RIP Mieke Wijaya (Bandung 17/3/1939 - Jakarta 3/5/2022) aktris lejen, debut akting lewat film #Gagal/1954. Total bermain 78 film, 30 sinetron (termasuk #Losmen), 3 piala Citra. Suami, aktor Dicky Zulkarnaen (menikah 1965 s/d wafatnya 1995). 4 anaknya termasuk artis-produser Nia Z," tulis Yan Widjaya melalui akun Twitter @yan_widjaya.

Showbiz Liputan6.com berusaha menghubungi Nia Zulkarnaen perihal meninggalnya Mieke Wijaya, namun masih belum ada tanggapan.

Pemeran Bu Broto Era Lawas

Mieke Wijaya
 Perbesar
Mieke Wijaya dan Nia Zulkarnaen.

Semasa hidupnya, Mieke Wijaya sempat dikenal pada era 1980-an setelah ia sukses memerankan Bu Broto di serial televisi Losmen. Serial tersebut merupakan materi asli dari film baru berjudul Losmen Bu Broto yang dibintangi Maudy Koesnaedy pada 2021 lalu.

Keterlibatan Mieke Wijaya dalam serial televisi Losmen yang mengudara di TVRI dilakoninya sejak tahun 1986 hingga 1989 hingga membuat namanya melambung.

Meskipun hanya berjumlah 35 episode, namun penampilan Mieke bersama para aktor-aktris lainnya mendapat apresiasi tinggi dari para pemirsanya kala itu.

Terlebih lagi, di serial inilah Mieke Wijaya menunjukkan kualitas aktingnya sebagai karakter utama bernama Bu Broto yang terbilang ikonis.

Perjalanan Karier

[Bintang] Mieke Wijaya
 Perbesar
Mieke Wijaya semasa muda.

Selama berkarier, Mieke Wijaya sempat tampil di puluhan film nasional. Beberapa di antaranya cukup terkenal, salah satunya adalah Tiga Dara yang tayang pada 1956 silam.

Mieke Wijaya sudah mengenal akting sejak usianya masih 15 tahun. Diketahui, film pertama wanita yang lahir pada 17 Maret 1940 ini berjudul Gagal, yang rilis pada tahun 1955 silam.

Setelah itu, Mieke Wijaya seolah tak pernah absen berakting hingga enam dekade. Pada dekade 1960-an hingga 1980-an, ada saja belasan hingga puluhan film yang dimainkannya.

Ibunda Nia Zulkarnaen ini juga sempat beberapa kali aktif di dunia sinetron pada era 1990-an. Bahkan, istri mendiang Dicky Zulkarnaen ini dua kali mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award atas dedikasinya di dunia akting.

×
Berita Terbaru Update