histats.com

 


Tradisi Salaman Terpanjang di Pemalang Viral, Warganet: Lebaran yang Sesungguhnya

 Kegiatan salaman setelah salat Idul Fitri menjadi tradisi yang rutin dilaksanakan sebagai ajang untuk saling memaafkan. Kalau biasanya kita akan bersalaman dengan mengunjungi rumah ke rumah. Berbeda dengan tradisi salaman di salah satu desa di kota Pemalang, mereka melakukan salaman secara massal.



Melalui unggahan yang dibagikan oleh Explore Pemalang di akun TikToknya @explorepemalang.id, dapat kita saksikan momen warga mengantri untuk melakukan salaman secara massal di tengah sawah. Tak hanya puluhan orang bahkan ratusan orang saling berjabat tangan bersalaman.

Selama antrian tersebut, warga saling bersalaman dengan seseorang yang baik mereka kenal maupun tidak. Vibes tengah sawah yang terlihat di video tersebut membuat momen ini terasa sangat hangat dan bisa menjadi momen yang sangat dirindukan selama lebaran

Berdasarkan komentar yang disematkan oleh pemilik akun tersebut, video diambil di desa Majalangu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang. Video yang diunggah kemarin (2/5/2022) tersebut, telah ditonton sebanyak 2,4 juta kali. 

Berbagai reaksi diberikan oleh pengguna TikTok lainnya. Banyak warganet yang berujar bahwa ini merupakan momen seru dan dirindukan selama lebaran. 

“Wah sangat seru desaku di masjid aja sih,” komentar salah satu warganet.

“Lebaran yang sesungguhnya” tutur warganet.

"Keren banget ini,” puji warganet lainnya.

Momen ini akan menjadi momen yang dirindukan ujar salah satu warganet “ini yang membuat lebaran itu dirindukan”.

Momen cari jodoh bisa menjadi kesempatan di kegiatan ini, “sambil cari jodoh bisa kali ye” ujar warganet yang mendapatkan jumlah like terbanyak.

Bisa aja lu,” reaksi salah satu warganet terhadap komentar tersebut.

1 pemikiran,” timpal warganet lainnya.

Berdasarkan komentar yang diberikan oleh warganet, diketahui bahwa beberapa daerah ternyata juga memiliki tradisi yang sama dengan tradisi di Pemalang ini. Hal tersebut diujarkan oleh beberapa warganet.

“Persis bgt kaya di desa ku mbak, Margasari Tegal,” tulis warganet yang menyebutkan kota Tegal.

Salah satu desa di Probolinggo juga diketahui memiliki tradisi yang sama “dah biasa di desaku Probolinggo juga gini panjang banget sampai gak liat siapa yang disalamin”.

Tak hanya itu, beberapa pengguna pun saling menceritakan tradisi salaman di wilayah mereka masing-masing. Berkunjung ke masing-masing rumah, bersalaman langsung sehabis salat Idul Fitri di masjid.

“Di kampungku juga kalau habis solat id langsung berdiri di sepanjang jalan terus salam-salaman,” tutur salah satu warganet.

Ada pula yang menyebutkan bahwa mereka akan bersalaman selama berpapasan di jalan selama pulang dari ziarah makam. Seperti yang kita tau ziarah ke makam sehabis salat Idul Fitri juga menjadi salah satu tradisi lebaran di Indonesia.

Kalau tradisi salaman lebaran di sekitar kalian gimana, nih? Ada momen seru apa aja nih, selama lebaran ini?

More Articles

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tradisi Salaman Terpanjang di Pemalang Viral, Warganet: Lebaran yang Sesungguhnya"

Post a Comment