Nakes Wanita Diduga Lakukan Pelecehan saat Pasang Kateter Urin ke Pasien Pria, Tuai Kecaman Publik

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Nakes Wanita Diduga Lakukan Pelecehan saat Pasang Kateter Urin ke Pasien Pria, Tuai Kecaman Publik

Wednesday, June 1, 2022 | June 01, 2022 WIB Last Updated 2022-06-01T14:12:20Z

 


 Tenaga kesehatan atau nakes wanita tengah menjadi sorotan karena diduga warganet melakukan pelecehan kepada pasien saat memasang kateter urin.



Hal itu diungkapkan oleh seorang anonim melalui akun @AREAJULID di jejaring media sosial Twitter pada Rabu (01/06/2022).

Diduga Bernafsu dengan Pasien

Dalam cuitan tersebut disematkan foto tangkapan layar video seorang wanita yang bekerja sebagai nakes.

Wanita itu memberikan narasi yang dianggap tak senonoh dalam videonya karena dianggap seakan bernafsu dengan pasien.

"Ketika aku harus memasang kateter urin/DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi," tulis keterangan dikutip Beritahits.id, Rabu (01/06/2022).

Narasi yang dituliskan tersebut dianggap warganet dan diduga mengarah ke pelecehan seksual.Terlebih lagi, dia menambahkan emoji-emoji.

"Tapi tetap harus profesional ygy," tulis si nakes di caption.

Komentar Vulgar

Unggahan dan komentar video TikTok nakes yang viral. (Twitter/AREAJULID)
Unggahan dan komentar video TikTok nakes yang viral. (Twitter/AREAJULID)

Warganet semakin dibuat geram ketika melihat kolom komentar unggahan tersebut.

Pasalnya, rata-rata komentar video TikTok si nakes berisikan kata-kata vulgar.

"Enggak dipasang kateter malah masuk mulut," tulis salah satu warganet di TikTok.

"Walaupun tidak bisa memiliki setidaknya sudah melihat," timpal lainnya yang diduga mengarah ke kelamin si pasien.

Klarifikasi Nakes: Buat Seru-seruan

Tak berapa lama kemudian, dikabarkan nakes itu memberikan klarifikasi penjealsan terkait kontennya.

Menurutnya, video tersebut hanyalah sebagai konten hiburan.

"Video TikTok ini cuma buat seru-seru, dari aku juga enggak nyebutin siapa pasiennya. Ini lebih ke sharing pengalaman dan aku yakin bukan cuma saya yang ngerasa gitu," tulisnya di kolom komentar.

Nakes wanita itu pun menambahkan bahwasanya setiap bekerja tetap profesional karena memiliki ilmu yang telah mereka pelajari.

Lebih lanjut, nakes itu berkata untuk mengambil sisi positif dari video yang diunggahnya.

Tanggapan Warganet

Meskipun demikian, warganet di Twitter masih tak terima dengan penjelasan si nakes.

Mereka tetap beranggapan bahwa apa yang dilakukan wanita itu tetap salah dan tak beretika.

Nakes wanita itu pun menuai beragam tanggapan hingga kecaman di kolom komentar.

"Walaupun enggak disebutin identitas pasiennya tapi ini termasuk pelecehan enggak sih?" ungkap @ape***.

"Dunia semakin lama semakin gila. Orang-orang lupa batasan. Semua dianggap seru-seruan dan bercandaan. Bercanda juga ada batasnya," tulis @lae***.

"Semoga dia dapat dampak dari kerjaannya. Engga pantes seorang nakes kayak gini," komentar @Kang***.

"Bisa-bisanya kamu bilang buat seru-seruan. Enggak ada bahan mainan lagi apa? Ini norma loh, identitasnya emang enggak disebar, tapi dari situ kita tahu gimana pikiran para tenaga kesehatan. Enggak semua, tapi yang punya VT menunjukan seolah emang begitu," timpal @mor***.

Kasus Dokter Bikin Konten Bernada Pelecehan di TikTok

Sebelumnya, pada tahun 2021 juga ramai oleh konten seorang dokter laki-laki yang mengunggah video konten di TikTok dengan dugaan pelecehan terhadap pasien perempuan.

Melansir Beritahits.id, konten Tiktok dokter bernama Dr. Kevin Samuel Marpaung berupa parodi pengecekan pembukaan pada wanita yang hendak bersalin dinilai berbau pelecehan hingga menuai kecaman publik.

Dalam sebuah video yang diunggah pertama kali di akun Tiktoknya, tampak dokter Kevin sedang memperagakan suasana menjelang persalinan. Ia tampak mengenakan jas putih, stetoskop yang dikalungkan hingga sarung tangan medis.

 Setelah itu, muncul tulisan yang menjelaskan bahwa ada seorang bidan yang meminta Kevin untuk mengecek pembukaan serviks wanita yang hendak melahirkan itu.

"Bidan: Dok, tolong cek pasien Ny. A sudah pembukaan berapa," tulis dalam keterangan video tersebut.

Tak lama kemudian, Kevin memperlihatkan ekspresi wajah yang tak biasa. Ia menggigit bibirnya sendiri dan mengerutkan dahi dengan tatapan mata yang lebih tajam.

Kevin lantas mengacungkan dua jarinya yang terbalut sarung tangan medis. Saat melakukan adegan itu muncul latar musik disko yang dilengkapi dengan sorot cahaya lampu warna-warni yang gemerlapan.

Setalah itu, Kevin memperlihatkan adegan seolah sedang melakukan pengecekaan pembukaan pada wanita yang hendak bersalin. Ia kemudian melihat ke atas sambil menggeleng-gelengkan kepalanya. 

Video itu sempat dikecam warganet dan dokter tersebut pun dikabarkan telah meminta maaf.

"Secara pribadi saya memohon maaf sebesar-besarnya atas perbuatan yang saya lakukan. Saya harap kejadian ini tidak memudarkan semangat masyarakat untuk memeriksakan diri ke dokter," ungkap dr. Kevin Samuel Marpaung, Kamis (22/4/2021).

×
Berita Terbaru Update