Video Viral Kejinya Rentenir Tagih Utang: Tendang Pintu, Ibu-ibu di Dalamnya Langsung Lemas

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Video Viral Kejinya Rentenir Tagih Utang: Tendang Pintu, Ibu-ibu di Dalamnya Langsung Lemas

Thursday, June 16, 2022 | June 16, 2022 WIB Last Updated 2022-06-17T04:01:06Z

 


 Perekonomian yang serba sulit pada era sekarang, membuat banyak masyarakat dari kalangan bawah terjebak utang kepada rentenir.



Tak sedikit pula dari mereka gagal melunasi utang atau sekadar mengangsur bunga pinjaman rentenir yang sangat tinggi.

Alhasil, rentenir itu biasanya memakai jasa penagih utang atau debt collector untuk menakut-takuti si pengutang.


Kelakuan debt collector inilah yang biasanya penuh intimidatif dan tidak manusiawi.

Hal itu seperti yang terekam video amatir dan viral di media-media sosial, Kamis (16/6/2022).


Dalam video yang diunggah akun Instagram @suarabergema2.id itu, tampak seorang debt collector mendatangi rumah si pengutang.

Debt collector nekat tendang pintu rumah nasabah yang tak kunjung membayar utang. (Instagram/@suarabergema2.id)
Debt collector nekat tendang pintu rumah nasabah yang tak kunjung membayar utang. (Instagram/@suarabergema2.id)

Tanpa permisi, dia langsung menendang pintu rumah sehingga terbuka. Penagih utang itu langsung masuk dan menagih.Debt collector itu terlihat masih mengenakan helm dan jaket, lalu menendang pintu sebuah rumah.

Dalam sekejap, pintu tersebut sudah terbuka lebar, membuat debt collector langsung bertemu dengan ibu-ibu pemilik rumah yang hanya bisa terduduk lemas.


Tak terdengar apa yang disampaikan debt collector itu, namun terlihat salah satu wanita di dalam rumah itu langsung menunduk sementara wanita lain menatap sinis sang penagih utang.

"Penagih hutang menendang pintu karena kesal saat ditagih gak mau bayar," tulis akun pengunggah video.


Video yang semula diunggah akun @agungtrimulya ini, mendapat beragam respons warganet. Mereka mengecam aksi penagih utang yang berlebihan.

"Kerja kok kaya preman."

Larang jenazah dimandikan

Sebelumnya, sempat viral rentenir melarang jenazah dimandikan viral di media sosial. Kejadiannya di Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Video viral ini pertama kali diupload oleh Arnida Putri di akun facebooknya. Akun itu sempat merekam secara langsung kejadian saat renteiner datang ke rumah duka.

Dalam video itu terlihat seorang perempuan paruh baya yang diduga renteiner menyambangi rumah duka. Ia melarang jenazah dimandikan. Karena almarhumah punya utang Rp2 juta.


Keluarga almarhumah pun sempat marah. Salah satu pria yang juga ponakannya bahkan mencak-mencak.

Pria itu menunjuk-nunjuk ke arah renteiner tersebut. Ia mengatakan tak punya hati sebagai sesama manusia.

"Uang itu tidak dibawa mati. Apalagi yang meninggal adalah keluargamu. Dimana hati nuranimu," ujar pria tersebut dalam bahasa Makassar.


Arnida yang dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. Ia mengaku video itu diambil Selasa, 26 April 2022.

Almarhumah adalah tantenya. Kepada keluarga, rentenir itu mengaku sewaktu hidup almarhumah berutang hanya sekitar Rp500 ribu, namun membengkak hingga Rp2 juta karena berbunga.

"Ibu (rentenir) sempat melarang memandikan jenazah. Dia bilang almarhum ada utangnya tapi tidak ada buktinya," ujar Arnida.


Ia mengatakan rentenir itu sebenarnya masih punya hubungan keluarga dengan almarhumah. Keluarga sepakat untuk melunasi utang tersebut setelah jenazah dimakamkan.

Hanya saja rentenir yang belakangan diketahui adalah warga Jeneponto itu tak mau tahu. Ia ngotot untuk dibayar saat itu juga.


"Masih keluarga sebenarnya. Tapi dia tidak biarkan almarhum dimandikan kalau tidak bayar utang saat itu juga. Jadi kita usahakan cari uang untuk bayar," tambahnya.

Warga sekitar pun ikut emosi. Mereka turut meneriaki rentenir tersebut. Keluarga terpaksa mengusahakan mencari uang Rp2 juta agar almarhumah bisa disemayamkan.

×
Berita Terbaru Update