Antimainstream! Masih di Tengah Pernikahan, Pengantin Perempuan Ini Malah Santai Sapu Pelaminan: Mantu Idaman

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Antimainstream! Masih di Tengah Pernikahan, Pengantin Perempuan Ini Malah Santai Sapu Pelaminan: Mantu Idaman

Thursday, July 28, 2022 | July 28, 2022 WIB Last Updated 2022-07-28T12:00:08Z

 


 Apa yang biasanya dilakukan pengantin di atas pelaminan? Biasanya pengantin akan menjadi raja dan ratu sehari di agenda khusus tersebut, mereka hanya akan duduk di pelaminan sembari menyambut para tamu.



Namun yang dilakukan pengantin perempuan satu ini cukup membuat publik tercengang. Sebab bukannya duduk dan menikmati keseluruhan proses pernikahannya, pengantin ini justru terekam menyapu pelaminan.

Bahkan ia cekatan menyapu pelaminan masih dengan mengenakan busana pengantin, sanggul, rangkaian melati, serta sepatu hak tingginya.


"Ini nih mantu idaman .." celetuk akun Instagram @videopernikahan.id yang memviralkan video tersebut, dikutip Suara.com pada Rabu (27/7/2022).

Tampak pengantin laki-laki hanya duduk canggung di kursinya, menyaksikan sang istri yang sibuk menyapu pelaminan sekalipun agenda pernikahan mereka belum berakhir.

"Di hari spesialnya pelaminan kotor pun disapu sendiri loh Bun," ujar pemilik video melanjutkan. "Masih pakaii baju pengantin lengkapp .. Ihh uwuhh bangett."


Aksi tak biasa pengantin perempuan yang bahkan masih mengenakan kain jarik sebagai bawahannya ini menuai beragam respons warganet.Entah apakah dimaksudkan sebagai konten belaka, namun aksi pengantin perempuan yang tidak terduga ini menjadi pro dan kontra di kalangan warganet.

"Kalo di tempatku ga boleh bersih-bersih sebelum acara selesai," komentar warganet.


"Just konten, lagipula kasian amat dinilai jadi menantu idaman hanya karena nyapu. Seakan-akan kalo dia ga bisa nyapu ga bakal disebut menantu idaman," kata warganet.


"Beh mantu idaman cuman gara-gara nyapu ... art gw naik kelas ntar," ujar warganet.

"Justru nolak rezeki ini. Ga boleh," tutur warganet, merujuk pada mitos kalau pengantin menyapu di hari pernikahannya justru bermakna menyapu bersih rezeki untuk rumah tangganya.


"Kalau disini gak boleh bersih-bersih atau masak, katanya pamali," imbuh warganet lain.

"Si mempelai cewek: Tolong ini tamu undangan, kakinya di lap dulu di keset. Jangan ampe pasirnya naik," timpal yang lainnya.


Beberapa Mitos Pernikahan dalam Adat Jawa

Ilustrasi pernikahan dengan adat Jawa. (Shutterstock)

Aksi pengantin yang menyapu pelaminan seperti di video di atas menuai pro dan kontra karena dikaitkan dengan mitos yang berkembang. Selain perkara menyapu di hari pernikahan, mitos apa lain yang banyak berkembang terutama dalam adat Jawa?


  1. Bulan Suro atau Muharram adalah bulan yang perlu dihindari.
  2. Larangan pernikahan antara anak pertama dan ketiga.
  3. Larangan pernikahan siji berjajar telu, yakni ketika Anda, pasangan, dan salah satu orang tua Anda adalah anak sulung.
  4. Rumah pasangan hanya berjarak lima langkah atau berseberangan.
  5. Perhitungan weton.
  6. Rumah pasangan dekat dengan rumah ipar.
×
Berita Terbaru Update