Viral Bayi Masih Merah Ditusuk Pensil Diduga demi Bentuk Lesung Pipi, Ekspresi Sakit Bikin Publik Geram

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Viral Bayi Masih Merah Ditusuk Pensil Diduga demi Bentuk Lesung Pipi, Ekspresi Sakit Bikin Publik Geram

Saturday, July 2, 2022 | July 02, 2022 WIB Last Updated 2022-07-02T09:49:47Z

 


 Banyak mitos yang berkembang mengenai proses tumbuh-kembang bayi. Salah satu yang banyak diminati sejak dulu adalah dengan menusukkan benda-benda tertentu demi menciptakan lesung pipi.



Biasanya orang tua akan menggunakan cabai dan ditusuk-tusukkan di pipi bayi untuk memunculkan lesung pipi. Namun orang tua yang satu ini sukses membuat publik geram karena memakai pensil.


Aksi meresahkan ini seperti yang terliat di video unggahan akun TikTok @nnanggggg_. Tampak seorang bayi yang masih sangat belia, bahkan kulitnya saja masih merah, yang pipinya ditusuk memakai ujung runcing eyeliner.

Video yang sama tampak kembali diunggah oleh akun Instagram @terangmedsos serta ikut ditanggapi lewat postingan akun Twitter @tanyakanrl.


Terlihat seseorang menusukkan pipi kiri bayi yang dibedong tersebut menggunakan pensil eyeliner. Setelahnya ia mengambil eyeliner lain dan kembali mengulangi proses serupa, hanya saja kali ini dilakukan di kedua pipi bayi tersebut sekaligus.


Namun perhatian publik jelas tertuju pada ekspresi kesakitan bayi yang jelas-jelas kulitnya masih merah tersebut. Terlihat ia sempat menunjukkan raut nyeri sekaligus tak nyaman, namun tak bisa berbuat apa-apa karena tubuhnya pun dibedong sedemikian rupa.

"Kasihan pipi dede bayinya ditusuk-tusuk pake pensil eyeliner biar ngebentuk lesung pipi," tulis pengirim menfess di @tanyakanrl, resah melihat pipi bayi itu ditusuk-tusuk diduga demi membentuk lesung pipi.Konten ini seketika meraup perhatian banyak warganet. Publik ikut dibuat geram lantaran masih banyak yang mempercayai mitos tersebut, bahkan sampai mengabaikan rasa tak nyaman yang mungkin dirasakan si bayi.

"Masih ada yang kek gitu ternyata, padahal lesung pipi kan emang harusnya dari gen, kalo keluarganya gak ada yang punya lesung ya berarti bakal susah, ckckck," komentar warganet.

"Itu pipinya masih sensitif tolonggg malah ditusuk keduanya pakai pensil, pensil kan keras. lihat itu bayinya masih merah :)" kata warganet lain.


"Padahal lesung pipi tuh kecacatan otot pipi (cmiiw), kok mau sih anaknya jadi cacat? apa ada nya juga bagus woi, emang sih orang punya lesung pipi tuh cakep, kaya gw, tapi yah kasian debay nyaa atuhh," ujar warganet lain.

"Pake cabe ijo di bungkus plastik, kalo pake pensil atit cian euy," tutur warganet.

"Masih gak paham sama pemikiran kayak gini," imbuh warganet.


"Bukannya yang lesung pipi tuh cacat otot ya. lu sengaja kah buat anak lu cacat," timpal yang lainnya.

Utas selengkapnya bisa dibaca di sini.

Lesung Pipi Terbentuk Akibat Kelainan Otot Wajah

Ilustrasi lesung pipi. (Unsplash/Jacob Mejicanos)
Ilustrasi lesung pipi. (Unsplash/Jacob Mejicanos)

Mengutip alodokter.com, lesung pipi sebenarnya terbentuk karena otot wajah yang mengalami kelainan atau deformitas.


Kebanyakan lesung pipi, atau yang juga dikenal sebagai dimples ini terbentuk akibat variasi struktur otot wajah bernama zygomaticus major yang membantu mengangkat sudut mulut agar terangkat saat tersenyum.

Otot ini biasanya memanjang dari tulang pipi sampai sudut mulut. Namun pada orang dengan lesung pipi, ujung ototnya malah berada di sudut mulut dan terbagi menjadi dua sehingga membentuk struktur serupa cekungan.


Umumnya lesung pipi terbentuk secara alami, meski prosedur bedah ternyata juga bisa membantu menciptakan cekungan tersebut. Operasinya biasanya hanya berlangsung 20-30 menit dan tidak memerlukan rawat inap.


Meski begitu, tetap ada beberapa konsekuensi yang bisa dialami oleh orang yang menjalani operasi pembentukan lesung pipi. Seperti perdarahan berlebih, memar, pembengkakan, kerusakan saraf wajah, infeksi, kegagalan operasi seperti lesung pipi tak simetris, sampai munculnya jaringan parut.


Namun, tak bisa dipungkiri, kecacatan otot satu ini memang membuat pemiliknya jadi terlihat lebih manis saat tersenyum. Apabila Anda berniat mendapatkan lesung pipi dengan mekanisme operasi plastik diwajibkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis terkait.

×
Berita Terbaru Update