Viral Segepok Uang Rp100.000 Hancur sampai Harus Disusun Bak Puzzle, Publik: Terluka Tapi Tak Berdarah

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Viral Segepok Uang Rp100.000 Hancur sampai Harus Disusun Bak Puzzle, Publik: Terluka Tapi Tak Berdarah

Friday, July 8, 2022 | July 08, 2022 WIB Last Updated 2022-07-09T05:57:27Z

 


 Apa yang akan Anda lakukan bila mempunyai segepok uang Rp100.000? Membeli apapun yang Anda inginkan dan perlukan tentu bukan hal yang sulit untuk dicapai dengan uang tersebut.



Namun apa jadinya jika uang tersebut sudah dalam kondisi hancur bak remahan?

Hal mengenaskan itulah yang terlihat pada video unggahan akun Instagram @beritaindonesia_. Tampak seseorang menunjukkan segepok uang Rp100.000 ke hadapan kamera.

Bahkan tampaknya total uang yang digenggamnya mencapai lebih dari Rp1 juta, sebuah angka yang terbilang fantastis, bukan?


Mirisnya, uang tersebut ternyata dalam kondisi tidak baik-baik saja. Uangnya tampak hancur dan saling menempel satu sama lain. Bahkan ada beberapa lembar yang terlihat robek sangat parah.

Pemandangan yang tampak pada video berikutnya malah lebih mengenaskan. Sebab sepertinya pemilik bersusah payah memisahkan lembar demi lembar uang Rp100.000 tersebut dan malah membuatnya semakin hancur.


Bahkan terlihat ada lem tak jauh dari tempat duduknya, seolah menunjukkan usahanya untuk menyusun serpihan uang tersebut selayaknya menyusun puzzle.

Viral segepok uang Rp100.000 hancur lebur hingga bisa disusun bak puzzle. (Instagram/@beritaindonesia_)
Viral segepok uang Rp100.000 hancur lebur hingga bisa disusun bak puzzle. (Instagram/@beritaindonesia_)

Tak ada keterangan mengapa uang-uang tersebut bisa sampai hancur tak berbentuk. Namun publik menduga uang-uang tersebut selama ini disimpan di wadah yang ternyata menjadi incaran rayap.

Seperti sudah bisa diduga, warganet tentu ikut merasa pedih melihat uang yang sangat berharga tersebut malah berakhir tak bisa digunakan.


"Terluka tapi tak..." celetuk @beritaindonesia_ di kolom caption, dikutip Suara.com, Sabtu (9/7/2022).

"Berdarah.. ke bank aja masih bisa tuh.." sambung warganet lain, menyempurnakan frase yang cukup sering dipakai di media sosial yakni "terluka tapi tak berdarah".

"Yang dapat dipetik adalah 'makanya, punya uang tu buruan dibelanjain'," kata warganet.

"Bank masih mau kok nerima uang kek gitu. Bawa ke bank aja," usul warganet lain.


"Kok bisa ya nyimpen uang smpe di makan rayap gitu, berarti selama nyimpen nggak pernah di tengok-tengok ya... Kalau gw jangan kan uang di celengan, uang 20 ribu di kantong aja bolak balik gw cek, takot nya ilang," komentar warganet.


"Heh... Ya Allah, mending disimpen dibank," imbuh yang lainnya, menyarankan agar selanjutnya uang simpanan ditabung saja di bank.

Untuk video selengkapnya dapat disimak di sini.


Syarat Penukaran Uang Rusak atau Cacat di Bank Indonesia

Ilustrasi uang rupiah, gaji, tabungan, THR - Syarat Penerima BSU 2022 (Pixabay)
Ilustrasi uang rupiah. (Pixabay)

Melansir pintar.bi.go.id, Bank Indonesia melayani penukaran uang Rupiah yang ukuran atau fisiknya telah berubah atau berbeda dari ukuran aslinya karena beberapa alasan, seperti terbakar, berlubang, hilang sebagian, robek, dan mengerut.


Disebutkan pula uang rusak/cacat bisa ditukarkan apabila tanda keaslian Uang Rupiah tersebut masih dapat diketahui atau dikenali. Hal ini berlaku baik untuk uang kertas maupun uang logam.


Spesifik pada penukaran uang kertas, penukaran uang rusak/cacat akan diberikan denggan nilai yang sama nominalnya bila memenuhi seluruh persyaratan berikut:

  1. Fisik uang Rupiah kertas lebih besar dari 2/3 (dua pertiga) ukuran aslinya
  2. Ciri uang Rupiah dapat dikenali keasliannya
  3. Uang Rupiah kertas rusak/cacat masih merupakan satu kesatuan dengan atau tanpa nomor seri yang lengkap
  4. Uang Rupiah Kertas rusak/cacat tidak merupakan satu kesatuan dan kedua nomor seri pada uang Rupiah kertas rusak tersebut lengkap dan sama

Sementara bila secara fisik uang tersebut sama dengan atau kurang dari 2/3 (dua pertiga) ukuran aslinya, maka BI tidak akan memberikan uang penggantian.


Sementara persyaratan penukaran uang kertas yang terbakar dan penjelasan lebih lengkap mengenai penukaran uang yang rusak/cacat di BI bisa dibaca di sini.

×
Berita Terbaru Update