Sosok Shasa Puspita Dewi, Gadis Viral Yang Di Nikahi Surya Manurung

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sosok Shasa Puspita Dewi, Gadis Viral Yang Di Nikahi Surya Manurung

Tuesday, October 4, 2022 | October 04, 2022 WIB Last Updated 2022-10-04T23:38:45Z

 


  

Inilah sosok Shasa Puspita Dewi, gadis yang viral karena menikah dengan Surya Manurung.

Foto-foto pernikahan Surya Manurung viral di media sosial.

Diketahui Surya Manurung, TikToker yang mengidap kelainan genetik bernama Sindrom Treacher Collin.

Surya Manurung adalah anggota keluarga Manurung yang mengidap Sindrom Treacher Collin.

Diketahui, Syndrome ini juga merupakan kelainan genetik langka yang mempengaruhi perkembangan wajah, kepala, dan telinga anak sebelum mereka lahir.

Surya Manurung resmi menikahi gadis pujaan hatinya pada Jumat 23 September 2022.

Surya Manurung Bersyukur Nikahi Shasa Puspita (Facebook)
Surya Manurung Bersyukur Nikahi Shasa Puspita (Facebook)© Disediakan oleh Serambinews.com

Momen pernikahan itu sempat dibagikan oleh Surya Manurung melalui Instagram @surya.manurung.


Dalam unggahannya, Surya Manurung bersyukur menikahi wanita yang sholeha dan setia untuknya.

"Alhamdulillah akhirnya engkau mempertemukan hamba dengan wanita yg shooleha dan setia @shasa960" tulisnya.

Dalam momen pernikahan itu, Surya Manurung tampak menggunakan pakaian pengantin berwarna merah muda yang senada dengan pakaian sang istri.


Lantas siapakah istri Surya Manurung?

Gadis yang menjadi pengantin Surya Manurung diketahui bernama Shasa Puspita Dewi.

Ditelusuri Tribunnewsmaker, Shasa Puspita Dewi memiliki akun Instagram bernama @shasa960.

Melalui akun itu, Shasa aktif mengunggah beragam foto dan video aktivitasnya setelah menikah.

Momen akad nikah Surya Manurung dan Shasa (Kolase Tribunnewsmaker)
Momen akad nikah Surya Manurung dan Shasa (Kolase Tribunnewsmaker)© Disediakan oleh Serambinews.com

Terbaru, Shasa mengunggah postingan pada Senin 26 September 2022.

Dalam unggahan tersebut Shasa menunjukkan video dirinya bersama sang suami.

Keduanya tampil kompak mengenakan jaket warna ungu.

Mereka tampak berjalan sambil menyeret koper.


Dalam caption unggahan, Shasa bercerita jika ia dan suami hendak pergi ke Jakarta.

Mereka berencana jalan-jalan bersama selepas resmi menjadi suami istri.

"Bismillah otw jakarta di ajak suami jalan2," tulis Shasa dalam unggahannya.

Selain unggahan itu, Shasa juga beberapa kali mengunggah foto pernikahannya.

Ia sempat berfoto bersama beberapa anggota keluarga Manurung dan pihak keluarganya sendiri.


Usia Masih 19 Tahun

Kemudian dalam unggahan Instagram yang ia posting sekitar dua hari lalu, Shasa membocorkan usianya.

Di unggahan itu, Shasa menyebut ia berasal dari Dumai, Riau, sementara Surya Manurung berasal dari Kisaran, Asahan, Sumatera Utara.

Kemudian Shasa juga mengungkapkan bahwa ia anak pertama, sementara suaminya anak ketiga.

Sosok Shasa istri Surya Manurung (Kolase Tribunnewsmaker)
Sosok Shasa istri Surya Manurung (Kolase Tribunnewsmaker)© Disediakan oleh Serambinews.com

Terakhir, Shasa membocorkan jarak usia mereka yang ternyata cukup jauh.


Ketika menikah, Surya Manurung sudah berusia 29 tahun, sedangkan Shasa baru menginjak 19 tahun.

Tonton video lengkapnya di sini

Informasi tentang usia Shasa ini rupanya sempat membuat publik terkejut.

Mereka tidak menyangka karena usia Shasa ternyata masih sangat muda.


"Dibawah ku toh, Aku 21 belum ada tanda?2; datangnya jodoh wkwk. Sekali lagi congrats kalian berdua."

"Yang perempuan seumuran aku."

Sosok Surya Manurung

Pria yang bernama lengkap Syarif Ali Surya Manurung itu beberapa waktu lalu menjadi perbincangan karena memiliki wajah berbeda akibat mengidap Treacher Collins Syndrome.

Surya adalah anak ketiga dari enam bersaudara.

Hanya ada satu orang yang tidak menderita treacher collins syndrome sejak lahir.

Memiliki wajah yang berbeda dengan orang lain, Surya pernah mendapat cibiran, namun tak diperdulikannya.


Diketahui, Surya Manurung dan saudaranya yang lain kini aktif sebagai konten kreator.

Mereka mengunggah berbagai video di akun Youtube dan Tiktok serta akun yang lainnya.

Video mereka di Tiktok selalu mendapatkan perhatian besar, dan ada yang ditonton hingga puluhan juta kali.

Tentang Keluarga Manurung

Keluarga Manurung viral di media sosial setelah kisah mereka mengidap penyakit langka di wajah terungkap.


Kakak beradik Manurung menderita penyakit yang disebut Treacher Collins Syndrome.

Penyakit itu menyebabkan keluarga Manurung mengalami kelainan di wajah.

Sosok Keluarga Manurung tersebut kini menjadi konten kreator yang eksis di media sosial dan banyak pengikut sejak viral beberapa waktu lalu.


Bahkan mereka memiliki YouTube Channel yang bernama Keluarga Manurung dengan jumlah pelanggan sebanyak 240 ribu.

Tidak hanya itu, Keluarga Manurung pun menunjukkan potensi mereka sebagai konten kreator yang berbakat dengan muncul di sejumlah vlog artis.

Kabar keluarga Manurung, kakak beradik yang viral idap penyakit langka, kini jadi YouTuber (Instagra, YouTube Keluarga Manurung)
Kabar keluarga Manurung, kakak beradik yang viral idap penyakit langka, kini jadi YouTuber (Instagra, YouTube Keluarga Manurung)© Disediakan oleh Serambinews.com

Mereka awalnya muncul di YouTube deHakims, YouTube pasangan artis Arie Untung dan Fenita Arie, dan Melaney Ricardo.

Sosok yang pertama viral adalah Surya Manurung atau bernama lengkap Syarif Surya Ali Manurung (27).

Unggahannya di TikTok terus mendapat atensi, bahkan ditonton hingga 25 juta kali.

Hingga kini Surya Manurung yang memiliki akun dengan username suryamanurun9 di TikTok itupun sudah memiliki ratusan ribu pengikut.

Surya Manurung bersama tiga kakak dan adik perempuannya diketahui memang mengidap penyakit yang sama.

Sementara adik perempuan satunya, dalam kondisi normal.

Karena menjadi viral di TikTok, Keluarga Manurung kini menjadi konten kreator yang sedang menjadi pusat perhatian publik.


Dalam unggahan TikTok Keluarga Manurung, mereka sering melakukan aksi tarian khas TikTok tanpa merasa minder.

Setiap konten yang mereka buat selalu menuai pujian netizen.

Tidak hanya itu, netizen ikut menyemangatinya dan juga mendoakan dirinya agar selalu sehat dan memberikan konten yang positif.


Awalnya, banyak netizen juga yang menuduh Surya Manurung beserta saudara-saudaranya mencari perhatian publik dengan penyakit yang mereka idap agar mereka menjadi viral dan terkenal di media sosial.

Akhirnya, Surya Manurung pun menjelaskan bahwa dia tidak berniat untuk mencari sensasi dari penyakit langka yang diidapnya bersama saudara-saudaranya tersebut.

Ia hanya ingin membuat video di TikTok tanpa berharap akan viral.

Ternyata pada saat video keempatnya di TikTok yang sedang menari bersama saudaranya diunggah, video tersebut pun langsung menjadi pusat perhatian publik sehingga viral lah dirinya kini dengan saudara-saudaranya.

"Awalnya sebetulnya kami tidak ngeviralkan diri. Awalnya aku kan iseng doang main TikTok jadi cuma scroll-scroll aja jadi kayak ah bikin video ah bareng orang-orang adik sama kakak kan. Jadi aku buat video dan ada beberapa video itu yang gak naik gitu karena followersnya cuma 1. Terus aku bikin video sama adik dan video keempat yang naik pada malam minggu," cerita Surya Manurung dalam YouTube Channel Melaney Ricardo, Minggu (13/2/2022)

Tidak hanya itu, Yuni Manurung selaku adik dari Surya Manurung pun menceritakan bahwa pada saat mereka mendadak viral di TikTok, mereka takut dan tidak memberitahu ayah mereka karena takut membuat sang ayah menjadi khawatir.


"Karena kan ayah kami pasti tau lah mengerti kalau anaknya itu dihujat gimana perasaannya. Jadi kami diamkan dan ayah tidak tau 2 hari kami sembunyikan. Saudara juga udah kami hubungin semua bilang tolong ya jangan kasih tau ayah kami. Karena kami mau cari solusinya gimana. Karena seorang ayah itu kan tau banget batin anaknya gimana apalagi untuk di media sosial kan pasti kita dihujat karena komentar itu kan banyak yang buruk dan banyak yang baiknya juga. Itu juga yang bikin kami khawatir ayah marah atau tidak ya," ungkap Yuni Manurung.


Tetapi setelah mereka berusaha menyembunyikan hal tersebut dari sang ayah, ternyata media datang ke rumah mereka untuk wawancara sehingga ketahuanlah bahwa Surya Manurung beserta saudara-saudaranya sedang viral di kalangan publik.


"Dan akhirnya ketahuan juga itu karena pihak media datang ke rumah dan ayah taunya dari mereka (media). Tapi setelah tau, ayah berpesan kalau sanggup lanjutkan tapi kalau tidak sanggup hentikan. Jangan setengah-setengah," ujar Yuni Manurung.

Melansir Kompas.com, Sindrom Treacher Collins ( TCS ) adalah kelainan genetik langka yang memengaruhi perkembangan wajah, kepala, dan telinga anak sebelum mereka lahir.


Selain TCS, ia memiliki beberapa sebutan lain, yakni disostosis mandibulofacial, Sindrom Franceschetti-Zwahlen-Klein, dan Sindrom Treacher Collins-Franceschetti.

Menurut penelitian, sekitar 1 dari setiap 50.000 orang dilahirkan dengan TCS.

Laki-laki dan perempuan memiliki potensi yang sama.


Tetapi hanya beberapa anak yang mengalami perubahan ringan pada wajah mereka, sementara yang lain bisa saja mengalami gejala yang lebih parah.

Diketahui juga, bahwa orang tua dapat mewariskan gangguan tersebut kepada anak-anak mereka melalui gen, tetapi sering kali sindrom ini berkembang tanpa peringatan.

×
Berita Terbaru Update